EconoIdea Indonesia – Sebuah unggahan di akun Instagram @masmun.sukses.motor baru-baru ini menampilkan kondisi pompa radiator atau water pump sebuah mobil Jepang yang telah digunakan selama 10 tahun.
Setelah dibongkar, water pump produksi AISIN Jepang ini menunjukkan bagian dalamnya yang sangat bersih.
Bahkan, baling-baling turbin yang terbuat dari besi tampak bebas dari karat.
Hanya bagian luar yang menunjukkan sedikit karat, akibat paparan udara secara terus-menerus.
“Sangat mengagumkan, masih berkilau setelah 10 tahun. Hanya bearing-nya yang sudah berisik,” ujar Sumarno dari Masmun Sukses Motor di Solo, Jawa Tengah.
Sumarno menjelaskan, kebersihan bagian dalam water pump tersebut disebabkan oleh penggunaan radiator coolant pabrikan sejak mobil dibeli.
Perawatan kendaraan yang rutin, termasuk penggantian cairan pendingin setiap 40.000 km, juga berperan penting.
“Pentingnya memakai radiator coolant standar OEM, salah satunya karena kemampuan rust inhibitor (mencegah karat),” tulis Sumarno, mantan trainer mekanik di pabrikan Jepang, dalam unggahannya.
Ini membuktikan manfaat jangka panjang radiator coolant dalam mencegah karat pada sistem pendingin.
Sebaliknya, penggunaan air biasa akan menyebabkan terbentuknya karat pada komponen logam di sistem pendingin, termasuk water pump, dalam waktu singkat.
Lama-kelamaan, karat ini akan menumpuk seperti bubur atau lumpur, dan menyumbat saluran radiator.
Masih ingin menggunakan air biasa untuk sistem pendingin mobil Anda?