Busi Ideal untuk Motor Matic Bore Up: Cegah Overheat dan Jaga Performa Mesin

GridOto.com – Mesin motor matic Anda sudah bore up, alias peningkatan kapasitas silinder?

Jika sudah, peningkatan performa mesin membutuhkan upgrade busi agar hasil bore up optimal.

Pasalnya, mesin motor yang telah bore up menghasilkan suhu yang lebih tinggi daripada mesin standar.

Berikut rekomendasi busi yang tepat untuk motor bore up.

“Setelah bore up, rasio kompresi dan suhu mesin meningkat,” jelas Diko Octaviano.

Diko Octaviano adalah Aftermarket Technical Support PT Nittera Mobility Indonesia, produsen busi NGK yang berlokasi di Ciracas, Jakarta Timur.

Oleh karena itu, mesin bore up memerlukan busi dengan elektroda berkualitas tinggi.

Busi berbahan Paladium atau Iridium merupakan pilihan yang tepat.

“Gunakan busi yang lebih dingin untuk pengapian maksimal,” saran Diko.

Busi dingin direkomendasikan untuk motor bore up karena kemampuannya dalam melepaskan panas lebih cepat.

Terus menggunakan busi standar pada mesin bore up berisiko menyebabkan kerusakan.

“Risikonya, busi bisa overheat dan pecah,” tegas Diko.

Busi dingin ideal untuk mesin dengan suhu kerja tinggi, seperti mesin yang telah bore up.

Untuk menentukan jenis busi (panas atau dingin), perhatikan kode busi.

Angka pada kode busi menunjukkan heating range.

“Semakin mendekati angka 9, semakin dingin busi tersebut,” terang Diko.

Contohnya, busi bawaan motor dengan kode CPR8E dapat diganti dengan busi CPR9EIX setelah bore up.

Itulah rekomendasi busi yang cocok untuk motor matic bore up.

Ini Penyebab Tarikan Motor Matic Loyo Akibat Puli Depan Aus