Dunia mode selalu mengejar kesempurnaan. Kemewahan dan kualitas tiada tara menjadi daya tarik utama, mendorong banyak individu untuk berinvestasi dalam brand fashion termahal dunia. Sebagian besar merek ternama ini telah melewati ujian waktu, diwariskan lintas generasi, dan terus mempertahankan prestisenya.
Digunakan oleh selebriti dan tokoh penting, memiliki produk high end menjadi simbol status tersendiri. Tujuh brand berikut ini dikenal dengan harga fantastisnya namun tetap diburu para penggemar. Mari kita telusuri satu per satu.
1. Louis Vuitton
Didirikan pada tahun 1854 di Prancis oleh Louis Vuitton, LV kini berada di bawah naungan LVMH, raksasa pakaian terbesar dunia berdasarkan kapitalisasi pasar.
Pada tahun 2024, Louis Vuitton menduduki peringkat pertama sebagai merek fashion mewah termahal dunia dengan valuasi mencapai 129,9 miliar dolar AS. Angka ini menunjukkan pertumbuhan 4 persen dari tahun sebelumnya, seperti dikutip dari Oberlo.
Mungkin banyak yang belum tahu, awal mula LV adalah produsen koper. Namun, seiring waktu, mereka berekspansi dan menawarkan beragam produk, mulai dari pakaian dan aksesori hingga parfum dan dekorasi rumah.
Uniknya, produk termahal yang pernah dijual LV bukan pakaian, melainkan boneka beruang Teddy Steiff Louis Vuitton seharga 200 ribu dolar AS pada tahun 2007.
2. Hermès
Dengan valuasi 93,7 miliar dolar AS pada tahun 2024, Hermès menempati posisi kedua sebagai merek mewah termahal dunia. Merek asal Prancis yang didirikan tahun 1837 oleh Thierry Hermès ini awalnya fokus pada perlengkapan berkuda berkualitas tinggi, kemudian berevolusi ke dunia mode.
Hermès menawarkan beragam produk, namun tas Birkin menjadi yang paling ikonik. Kemewahan tas Birkin berasal dari bahan baku kulit eksotis, seperti kulit buaya, terutama varian Himalaya Birkin, yang seringkali dihiasi logam mulia bahkan berlian.
7 Negara dengan Harga Telur Termahal di Dunia, Berapa Selusin?
7 Negara dengan Harga Telur Termahal di Dunia, Berapa Selusin?
3. Chanel
Chanel, merek fashion mewah lainnya, meraih nilai merek sebesar 60,2 miliar dolar AS pada tahun 2024, dengan peningkatan tahunan 8 persen. Didirikan pada tahun 1910 oleh Gabrielle “Coco” Chanel di Paris, Chanel merupakan simbol keanggunan dan kemewahan.
Awalnya, Chanel berfokus pada butik topi sebelum berevolusi menciptakan berbagai produk mode wanita dengan koleksi ikonik seperti pearl necklace dan chanel boy. Koleksi termahal Chanel adalah tas Chanel Diamond Forever rancangan Karl Lagerfeld tahun 2008, seharga 261 ribu dolar AS.
10 Negara dengan Tarif Listrik Termahal di Dunia, Bikin Kaget!
10 Negara dengan Tarif Listrik Termahal di Dunia, Bikin Kaget!
4. Gucci
Merek asal Italia, Gucci, menempati posisi keempat dengan nilai merek 23,8 miliar dolar AS pada tahun lalu. Meskipun mengalami penurunan 9 persen dari tahun sebelumnya, nilai mereknya yang tetap tinggi menunjukkan daya tarik Gucci di pasar global.
Berdiri sejak tahun 1921 berkat Guccio Gucci, Gucci awalnya memproduksi pakaian dan aksesori seperti sandal dan tas. Kini, Gucci juga merambah industri kosmetik dan parfum melalui Gucci Beauty.
5. Dior
Dior, luxury brand asal Prancis, memiliki nilai merek 12 miliar dolar AS pada tahun 2024. Didirikan tahun 1946 oleh Christian Ernest Dior, Dior memulai dengan koleksi pakaian “New Look” dan kini berada di bawah naungan LVMH.
Produk Dior selalu diminati. Tas Lady Dior dan Saddle Bag termasuk yang paling populer. Gaun hijau muda yang dikenakan Nicole Kidman di Oscar 1997, bernilai 12 juta dolar AS, juga menjadi bagian sejarah Dior.
6. Cartier
Cartier, merek perhiasan dan jam tangan mewah, memiliki nilai merek 10,5 miliar dolar AS pada tahun 2024. Asal Paris, desain Cartier dikenal abadi dan mendapat julukan “Jeweler of Kings, King of Jewelers”.
Di antara karya-karya Cartier, Cartier 1912 Tiaras, sebuah mahkota berlian langka dan platinum, merupakan yang termahal. Koleksi mewah lainnya seperti Juste un Clou, Love Bracelet, dan Panthère de Cartier tetap diburu para kolektor.
7. Rolex
Rolex, merek jam tangan mewah lainnya, mencapai valuasi 9,1 miliar dolar AS pada tahun 2024, meningkat 15 persen dari tahun sebelumnya. Keterikatan dengan acara bergengsi seperti Oscar dan turnamen olahraga turut meningkatkan prestisenya.
Berasal dari Swiss sejak 1905, Rolex menjadi simbol kekayaan, terutama di kalangan pria. Mereka adalah brand pertama yang menciptakan jam tangan kedap air, Oyster. Rolex GMT Master Ice, dengan emas putih 18 karat dan berlian, merupakan salah satu produk termahalnya.
Brand fashion termahal ini telah menetapkan sejarah panjang dan terus berinovasi. Menurut Anda, brand mana yang paling menarik?